Pengertian Kista Payudara

Kista bisa juga tumbuh pada payudara. meski tidak seganas kanker, benjolan ini bisa tumbuh berulang kali.

Proses tumbuh kembang payudara dipengaruhi aktivitas hormon, khususnya hormon estrogen. Bila terjadi ketidakseimbangan hormon, jaringan air susu (fibroglandular) dan sekitarnya akan berubah bentuk. Saat haid, hormon wanita mengalami perubahan, sehingga payudara terasa penuh alias membesar atau mengeras. Kadang teraba pula benjolan lunak yang terasa sakit menjelang haid. Benjolan berisi cairan tersebut dinamakan kista payudara. Bentuk kista umumnya bulat dan terasa kenyal seperti bakso atau balon yang diisi air. Besar dan jumlahnya bervariasi.

Kista Payudara

Kista payudara yaitu keadaan nyeri dan adanya benjolan yang sifatnya jinak pada payudara. Benjolan ini bisa hanya satu buah dan terletak di salah satu payudara, tetapi bisa juga hingga 17 benjolan dan terdapat di kedua belah payudara. Biasanya dialami oleh wanita pada usia di atas 30 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan wanita usia di bawah 30 tahun juga bisa mengalami kista payudara.

Wanita yang memiliki benjolan dapat menjalani pemeriksaan mamografi atau USG. Namun, pemeriksaan mamografi saja tidak cukup untuk menentukan apakah gumpalan itu merupakan kista atau tumor. Mamografi tidak dapat membedakan antara benjolan padat atau benjolan berisi cairan.

Pemeriksaan ini dilakukan oleh ahli radiologi. Bila terdapat gambaran yang mencurigakan akan dilakukan biopsi, yaitu tindakan mengambil sedikit jaringan untuk menentukan sifat benjoIan tersebut dan penanganan yang tepat.

Jika kista yang tumbuh terlalu kecil (mikrokista) maka tidak dapat dirasakan dengan tangan ketika melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari). Sebaliknya, bisa diketahui dengan menjalani pemeriksaan medis seperti mamografi atau USG.

Kista yang besar (makrokista) dapat dirasakan dengan tangan. Kista ini dapat tumbuh hingga diameter 5 cm. Besarnya kista dapat menekan jaringan payudara hingga menyebabkan nyeri, rasa tidak nyaman, atau peradangan pada jaringan di sekitarnya.

Beberapa wanita tidak merasakan gangguan meski memiliki kista payudara, yang lain mengeluhkan nyeri di dada. Rasa nyeri biasanya diderita wanita dengan kista berukuran besar atau jumlahnya lebih dari satu. Pada wanita yang tidak merasakan sakit diperlukan pemantauan lebih. Penderita kista payudara harus rutin memeriksakan diri untuk menjaga agar sifat kista tersebut tidak menjadi ganas.

Terjadinya gumpalan berisi cairan ini berhubungan dengan respon jaringan payudara terhadap perubahan kadar estrogen yang terjadi setiap bulan selama masa reproduktif. Setiap bulan selama siklus menstruasi, jaringan payudara membengkak.

Rangsangan hormon terhadap jaringan payudara menyebabkan payudara menahan air serta kelenjar susu dan salurannya melebar. Cairan ini dapat berkumpul dan membentuk kista. Pada saat ini payudara terasa membengkak, nyeri, dan memiliki benjolan. Setelah menstruasi, biasanya pembengkakan payudara berkurang, tidak lagi terlalu nyeri dan tak ada benjolan. Karena disebabkan masalah hormon, kista dapat mengecil, bahkan hilang dengan sendirinya ketika wanita memasuki masa menopause. Tetapi, ada juga yang semakin bertambah besar meski sudah menopause

———————————————————————–

CARA PEMESANAN JELI GAMAT LUXOR

Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor Serta Membantu Proses Penyembuhan Bagi Penyakit Kronis Lainnya

1 Botol Jeli Gamat Luxor Isi 350 ml = Rp.265.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Kista Miom Jeli Gamat Luxor, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Kista Payudara and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.